Beranda | Artikel
Biografi Imam Ibnu Abi Zamanin
Jumat, 4 Juni 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Imam Ibnu Abi Zamanin merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 28 Rajab 1442 H / 12 Maret 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Imam Ibnu Mandah

Kajian Tentang Biografi Imam Ibnu Abi Zamanin

Nama beliau Imam Al-Jalil Muhammad bin Abdillah bin ‘Isa bin Muhammad bin Ibrahim bin Abi Zamanin Al-Murry. Ketika ditanya kenapa nisbah keluarganya kepada “Abi Zamanin”, maka beliau menjawab: “Tidak tahu, saya sangat hormat/segan dengan ayahku, maka aku tidak pernah bertanya tentang hal itu kepadanya.”

Beliau lahir pada tahun 324 H / 936 M. Adapun perkembangan beliau semenjak kecil sampai dewasa, para penulis biografi beliau tidak menulis secara rinci hal tersebut. Mereka hanya menyebutkan bahwa beliau lahir di kota Al-Birra dan keluarganya terkenal sebagai keluarga yang berpendidikan. Oleh karena itu sejak kecil beliau sudah belajar dan menghafal Al-Qur’an. Orang tua beliau adalah seorang tokoh ulama dan saudara beliau sendiri adalah ulama dari kalangan Malikiyah.

Beliau belajar ilmu-ilmu dasar keislaman dari orang tuanya. Sehingga disaat kecil beliau sudah belajar pokok-pokok aqidah melalui orang tua beliau sendiri.

Beliau sebagaimana ulama yang lainnya, yaitu merupakan orang-orang yang cerdas dan mempunyai Uluwwul Himmah (semangat/kemauan yang tinggi dalam hal mendapatkan kebaikan). Ini sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Qur’an agar umat ini memiliki optimisme yang tinggi dan kemauan yang kuat untuk meraih segala kebaikan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ

Berlomba-lombalah kalian untuk mencapai kebaikan.” (QS. Al-Baqarah[2]: 148)

Kemudian juga:

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ

Jika engkau sudah selesai, lalukan pekerjaan yang lain.” (QS. Al-Insyirah[94]: 7)

Juga hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

إِنَّ اللهَ يُحِبُّ مَعَالِيَ الْأُمُوْرِ وَأَشْرَافِهَا وَيَكْرَهُ سَفْسَافَهَا

“Sesungguhnya Allah mencintai perkara berkualitas bagus dan membenci perkara yang asal-asalan.” (HR. Thabrani)

Ini yang banyak di dalam kehidupan kita, beribadah asal-asalan, menuntut ilmu asal-asalan, bekerja asal-asalan, apalagi kalau dipekerjakan orang lain, yang penting selesai dan tidak mau meningkatkan kualitas pekerjaan kita.

Apa faedah-faedah menarik dari biografi Imam Ibnu Abi Zamanin? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50066-biografi-imam-ibnu-abi-zamanin/